Senin, 25 Oktober 2010

KOMPONEN CPU (Central Processing Unit)

Motherboard



Motherboard adalah sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system CPU (prosesor), sirkuit clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti port serial, port pararel, slot ekspansi, prot IDE.

Processor

 Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. 
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

 RAM

RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data.RAM bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat dihapus.

AGP (Accelerator Graphic Port)




Northbridge

Bagianpenting yang menghubungkan Processor, RAM dan AGP. Northbridge disertai dengan pendingin atau yang biasa disebut dengan Heatsink.



Slot PCI Express 1 dan PCI.

PCI Express 1 merupakan slot PCI keluaran terbaru yang mana ukurannya lebih kecil dari yang lama,biasanya digunakan untuk modem. Sedangkan PCI itu merupakan model lama dan fungsinya juga sama dengan PCI Express 1 yang baru.

BIOS (Basic Input Output System)
 
BIOS merupakan bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang mana fungsinya memberi tahu komputer bagaimana caranya mengakses disk drive. Ketika komputer dinyalakan, RAM masih kosong dan instruksi yang ada pada ROM BIOS lah yang digunakan oleh CPU untuk mencari disk drive yang berisi file-file utama dalam sistem operasi.


CMOS(Complementary Metal Oxide Semiconductor)
Adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.

PARALEL ATA (PATA)








PATA (Paralel ATA) / IDE yaitu ATA sendiri merupakan singkatan dari Advance Technology Attachment, sebuah standar yang digunakan untuk menghubungkan hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM pada komputer. Nama ini (PATA) resmi disandang sejak hadirnya SATA, dimaksudkan untuk menandakan perbedaan diantara keduanya (dahulunya hanya disebut ATA). Disebut sebagai Parallel ATA karena pemasangan harddisk dengan system ini dilakukan dengan satu atau dua IDE device dapat dipasang dengan satu kabel dan terkoneksi dengan satu port IDE secara parallel.

SERIAL ATA (SATA)

Serial ATA, atau bus komputer SATA, adalah sebuah antarmuka penyimpanan untuk menghubungkan host bus adapter untuk perangkat penyimpanan massal seperti hard disk drive dan optical drive. Mulai pada tahun 2004, SATA host adapter terintegrasi ke hampir semua motherboard modern, baik itu desktop maupun laptop.
Serial ATA ini dirancang untuk menggantikan standar ATA (AT Attachment) yang lebih tua (juga dikenal sebagai EIDE). SATA dapat menggunakan perintah-perintah tingkat rendah yang sama, namun SATA host-adapter dan perangkat yang terkoneksi berkomunikasi melalui kabel serial kecepatan tinggi melalui dua pasang kabel konduktor. Sebaliknya, paralel ATA menggunakan 16 kabel konduktor data yang masing-masing beroperasi pada kecepatan yang jauh lebih rendah.
SATA menawarkan beberapa keunggulan menarik dibandingkan antarmuka paralel ATA (PATA) yang lebih tua: mengurangi kabel yang tebal dan mengurangi biaya (berkurang dari delapan puluh kabel ke tujuh), lebih cepat dan lebih efisien dalam hal transfer data, dan fitur hot swapping.

Southbridge


Fungsi southbridge juga sebagai penghubung komponen – komponen dari PCI, ROM dan lainnya. Bedanya dengan northbridge, southbridge tanpa heatsink.



Komponen Lainnya

1.PS/2 keyboard connector digunakan untuk menghubungkan keyboard ke motherboard.
2.PS/2 mouse connector digunakan untuk menghubungkan mouse ke motherboard.
3.USB ports digunakan untuk menghubungkan usb ke motherboard.
4.Serial communications port digunakan untuk menghubungkan proyektor ke motherboard.
5.Parallel port digunakan untuk menghubungkan printer ke motherboard.
6.VGA port digunakan untuk menghubungkan monitor ke motherboard.
7.LAN port digunakan untuk mengubungkan kabel LAN dengan motherboard.
8.Audio out jack digunakan untuk menghubungkan speaker ke motherboard.
9.Microphone jack digunakan untuk menghubungkan microphone ke motherboard.
10.Line in jack digunakan untuk menghubungkan earphone ke motherboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar